Skripsi
Peran Bimbingan Karir Terhadap Kemandirian Memilih Karir Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Bimbingan Karir, Kemandirian Memilih Karir
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemandirian memilih karir sangat diperlukan oleh peserta didik terutama di SMA yang akan menempuh pendidikan selanjutnya. Karena kebanyakan dari peserta didik SMA belum mempunyai sikap kemandirian tersebut, apakah nantinya akan melanjutkan ketingkat yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi ataupun memutuskan untuk bekerja. Peserta didik hanya dapat mengikuti apa yang dikatakan oleh orang tua, menurut dengan pilihan orang tua. Kebebasan memilih karir merupakan hak setiap individu, oleh karena itu adanya layanan bimbingan karir secara maksimal diharapkan dapat menimbulkan kemandirian dalam memilih karir peserta didik.
Permasalahan skripsi ini adalah sejauhmana peran bimbingan karir terhadap kemandirian memilih karir pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peran bimbingan karir terhadap kemandirian memilih karir pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal.
Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 sejumlah 65 sedangkan dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel sehingga penilitian ini bersifat populatif. Teknik Pengumpulan yang digunakan adalah angket atau kuesioner, interview/ wawancara dan dokumentasi serta teknik analis data menggunakan deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil perhitungan r-hitung sebesar 0,320. Nilai r-hitung ini kemudian dikonsultasikan dengan r-tabel, pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel 65 maka diperoleh r-tabel = 0,244. Maka jika r-hitung > r-tabel yaitu 0,320 > 0,244. Dengan demikian nilai r-hitung lebih besar dari nilai r-tabel pada taraf signifikan 5% yang berarti hipotesis Ha diterima yaitu “terdapat peran pelaksanaan bimbingan karir terhadap kemandirian memilih karir peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” dan Ho yang berbunyi “Tidak ada peran bimbingan karir terhadap kemandirian memilih karir peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” ditolak.
Saran penelitian yang diberikan adalah agar sekolah dalam hal ini guru dapat meningkatkan pelaksanakan bimbingan karir seefektif mungkin bukan hanya untuk menanggapi permasalahan karir peserta didik saja, namun juga menumbuhkan kemandirian yang ada pada diri peserta didik.
1108500965 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain