Skripsi
Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Karena Jilbab Karya Hj. Mahdiah K, SH. beserta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA
Kata Kunci : Nilai Religius, Cerita Pendek (cerpen), Implikasi
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana nilai-nilai religius yang terkandung dalam kumpulan cerpen Karena Jilbab karya Hj. Mahdiah K, SH. beserta Implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA?”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai religius dalam kumpulan cerpen Karena Jilbab karya Hj. Mahdiah K, SH. beserta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Penulisan ini merupakan penelitian sastra. Adapun objeknya adalah nilai religius yang terkandung dalam kumpulan cerpen Karena Jilbab karya Hj. Mahdiah K, SH. beserta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan metode analisis data.
Data dalam penelitian ini berupa kutipan wacana. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Karena Jilbab karya Hj. Mahdiah K, SH. Kumpulan cerpen tersebut merupakan cerpen-cerpen yang pernah dimuat dalam berbagai majalah dan kemudian diberi judul Karena Jilbab oleh penulis. Kumpulan cerpen ini mempunyai permasalahan kehidupan para remaja khususnya mengenai hubungan nilai religius dalam menjalani pergaulan antar sesamanya, yang diterbitkan oleh Kalam Mulia di Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai religius dalam kumpulan cerpen Karena Jilbab karya Hj. Mahdiah K, SH. beserta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Melalui hasil pengkajian, dapat disimpulkan bahwa dalam kumpulan cerpen Karena Jilbab karya Hj. Mahdiah K, SH. terdapat : 1) Nilai-nilai religius yang terdapat dalam kumpulan cerpen Karena Jilbab yaitu 29 kutipan dengan: nilai ketakwaan 3 kutipan dengan prosentase 10,4%, kejujuran 2 kutipan dengan prosentase 6,9%, bersyukur 1 kutipan dengan prosentase 3,4%, moral 2 kutipan dengan prosentase 6,9%, ikhtiar 7 kutipan dengan prosentase 24,2%, tawakal 3 kutipan dengan prosentase 10,4%, taubat 5 kutipan dengan prosentase 17,2%, kesabaran 4 kutipan dengan prosentase 13,8%, pemaaf 1 kutipan dengan prosentase 3,4%, amanat 1 kutipan dengan prosentase 3,4%. 2) Penulis megimplikasikannya terhadap pembelajaran sastra di SMA, memerlukan pengajaran yang tidak menjenuhkan dalam mempelajari sastra khususnya karya sastra berbentuk cerpen dan memahami nilai-nilai religius yang terkandung dalam cerpen.
1508500950 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain