Skripsi
Keefektifan Metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, & Test) dalam Pembelajaran Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011-2012
Kata Kunci : Metode PQRST, Membaca Pemahaman, Keefektifan.
Penelitian ini membahas keefektifan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, & Test) dalam pembelajaran kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMPN 3 bojong kabupaten pekalongan tahun pelajaran 2011-2012.
Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui keefektifan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, & Test) dalam pembelajaran kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMPN 3 Bojong Kabupaten Pekalongan, (2) mengetahui penerapan metode PQRST dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMPN 3 Bojong Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian dirancang melalui pendekatan eksperimen yang menggunakan kelompok kontrol pretes dan postes desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes dengan taraf kesalahan 0.05.
Keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summerize, & Test) mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis uji-t independen kelas kontrol dan kelas eksperimen, diperoleh t hitung = 10,05 dimana t tabel dengan derajat kebebasan 36+36-2 pada taraf signifikasi 0.05 harga t tabel = 1,68. Perbandingan tersebut membuktikan t hitung lebih besar dari t tabel yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan metode PQRST efektif dalam pembelajaran kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMPN 3 Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2011-2012.
1508501062 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain