Skripsi
The Effect of the Implementation Short Stories toward Students’ Reading Achievement (An Experimental Study of Seventh Grade Students of SMP Negeri 5 Adiwerna Tegal in Academic Year 2011 / 2012)
Kata kunci : Penggunaan Cerita Pendek, Prestasi Belajar Reading
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan cerita pendek terhadap prestasi belajar reading siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengaruh penggunaan cerita pendek berpengaruh positif terhadap prestasi belajar reading siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tegal tahun pelajaran 2011/2012?
Populasi dari penelitian ini diambil dari siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Jumlanya adalah 356 siswa. Mereka dibagi ke dalam 9 kelas. Peneliti dalam hal ini mengambil 2 kelas. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok, dan tiap kelompok terdiri dari 40 siswa. Satu kelompok sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar menggunakan cerita pendek dan kelompok kontrol diajar tidak menggunakan cerita pendek.
Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes reading. Tes reading ini berbentuk tes tertulis dengan model pilihan ganda terdiri dri 30 pertanyaan. Masing-masing pertanyaan terdapat 4 pilihan jawaban. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan 0,005. Hasil penelitian adalah, berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji-t diketahui nilai thitung = 5,128, and t table = 1,990, sehingga thitung lebih besar dari pada t table (5,128 > 1,990). Ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan cerita pendek dan siswa yang diajar tidak menggunakan cerita pendek di kelas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan cerita pendek berpengaruh positif terhadap prestasi belajar reading siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna Tegal tahun pelajaran 2011/2012.
Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat memberikan beberapa saran untuk guru bahasa inggris atau siswa 1) penggunaan cerita pendek di dalam pengajaran reading diannjurkan untuk melatih siswa memahami bacaan reading, 2) penggunaan cerita pendek di dalam pengajaran reading dapat membuat siswa meningkatkan perbendaharaan kata mereka dalam belajar bahasa Inggris
1606501423 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain