Skripsi
Struktur Sintaksis dan Struktur Semantik Bahasa Iklan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi
Kata kunci: iklan, struktur sintaksis, struktur semantik, implikasi.
Masalah yang dibicarakan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana struktur sintaksis yang digunakan dalam kalimat iklan, (2) bagaimana struktur semantik yang digunakan dalam kalimat iklan, (3) bagaimana implikasinya terhadap pembelajaran di SMP. Skripsi ini bertujuan, (1) mendiskripsikan struktur sintaksis dalam kalimat iklan, (2) mendiskripsikan struktur semantik dalam kalimat iklan, (3) mendiskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Media surat kabar yang dijadikan sumber data dalam penelitian ini adalah media surat kabar di harian Suara Merdeka yang terbit di bulan Februari, Maret dan April 2012. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mencari kalimat-kalimat iklan dan dianalisis menurut struktur sintaksis dan struktur semantik. Untuk menganalisis penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan metode simak dengan teknik baca catat dengan teliti data pada iklan di Suara Merdeka, serta menggunakan metode agih dalam melengkapi data dan informasi untuk mendukung skripsi ini. Skripsi ini disajikan secara verbal, dan digunakan teknik informal sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
Hasil penelitian ini berupa (1) struktur sintaksis pada kalimat iklan di analisis sesuai fungsi sintaksis yang meliputi S,P,O, ada juga yang S,P,Pel., ada yang berpola S,P,O, dan Ket. Kategori pada bahasa iklan terdapat nomina, verba, adjektiva, adverbia, dan numeral. Peran sintaksis meliputi pelaku, perbuatan dan sasaran. (2) berdasarkan struktur semantiknya kalimat iklan di analisis menurut jenis makna yang terkandung dalam kalimat iklan seperti makna referensial, makna konotasi. (3) implikasi hasil pembelajaran bahasa Indonesia sebagai referensi untuk pembelajaran di SMP, dapat memahami struktur sintaksis dan struktur semantik pada kalimat iklan.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan untuk menentukan secara tepat struktur sintaksis dan struktur semantik pada kalimat iklan. Dengan ini diharapkan bagi penulis yang akan datang lebih teliti, menyukai dan lebih tertarik dengan dunia kebahasaan untuk menganalisis lebih baik lagi, serta memiliki implikasi yang potisif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
1508501040 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain