Skripsi
Peningkatan Keyakinan Beragama Kaitannya Dengan Konseling Religius Peserta Didik Kelas VIII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci: Bimbingan Pribadi, Penuntasan Permasalahan Pribadi
Layanan konseling religius akan berdampak baik dalam peningkatan keyakinan agama peserta didik. Masalah dirumuskan apakah ada pengaruh layanan konseling religius terhadap peningkatan keyakinan agama peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh layanan konseling religius terhadap peningkatan keyakinan agama peserta didik.
Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional, dilakukan terhadap 200 peserta didik. Dari populasi tersebut terpilih 70 sampel yang ditentukan melalui prosedur proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket tertutup yang mengungkap layanan konseling religius peningkatan keyakinan agama peserta didik berbantuan interview dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik deskriptif presentase dan korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Sperman-Brown dengan teknik belah dua ganjil genap.
Hasil penelitian menemukan rxy > rtabel 0,831>0,306. yang berarti hipotesis nihil (Ho), dinyatakan ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi “Ada pengaruh layanan konseling religius terhadap peningkatan keyakinan beragama pada peserta didik Kelas VIII MTs.Asy-Syafi’iyyah Jatibarang Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012”, dinyatakan diterima.
Didukung data Iayanan konseling religius peserta didik diperoleh mean layanan konseling religius sebesar 63,20 berada dalam interval antara 51-61 yang berarti termasuk kategori tinggi, didukung data perolehan dalam kategori sangat tinggi sebanyak 31 peserta didik atau 44,29%, kategori tinggi sebanyak 37 peserta didik atau 52,86%, kategori sedang sebanyak 2 peserta didik atau 2,86%, sedangkan peningkatan keyakinan beragama diperoleh, mean sebesar sebesar 60,71 berada dalam interval antara 51-61 yang berarti termasuk kategori tinggi, dan didukung data perolehan dalam kategori sangat tinggi sebanyak 30 peserta didik atau 42,86%, kategori tinggi sebanyak 36 peserta didik atau 51,43%, kategori sedang 4 peserta didik atau 5,71%
Disarankan bagi guru pembimbing guru pembimbing sangat strategis dalam pembentukan kepribadian anak didik, maka sebaiknya guru pembimbing untuk lebih meningkatkan bimbingan, dan selalu memantau perkembangan peserta didik terutama di lingkungan sekolah. Bagi peserta didik agar tidak ragu dan malu apalagi takut menghadap ke guru pembimbing ketika ada permasalahan, karena guru pembimbing bukan polisi sekolah.
1108500881 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain