Skripsi
Peran Bimbingan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar
Dalam proses belajar, peserta didik harus mampu memahami dan dapat belajar secara mandiri untuk setiap mata pelajarannya. Belajar mandiri adalah kegiatan belajar aktif, yang didorong oleh niat atau motif untuk menguasai suatu kompetensi guna mengatasi suatu masalah, dan dibangun dengan bekal pengetahuan atau kompetensi yang dimiliki. Di sini belajar mandiri lebih dimaknai sebagai usaha peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar yang didasari oleh niatnya untuk menguasai suatu kompetensi tertentu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bentuk bimbingan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. 2) kondisi kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. 3) peran bimbingan belajar terhadap peningkatan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal yang berjumlah 118 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari jumlah populasi, hasilnya adalah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diketahui bimbingan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kategori baik. Kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kategori baik Peran bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar dilihat dari hasil analisis diperoleh r hitung = 0,794 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 24 maka diperoleh r tabel = 0,404. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,794 > 0,404. Dengan demikian Ha diterima yang menyatakan “Terdapat peran bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012”
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah permasalahan kemandirian belajar dapat diatasi dengan mengikuti bimbingan belajar secara efektif, maka pelaksanaan bimbingan belajar harus di dukung dan dilaksanakan secara terstruktur di sekolah.
1109501341 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain