Skripsi
Pengaruh Bimbingan Pribadi Terhadap Kestabilan Emosi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Bimbingan Pribadi, Kestabilan Emosi
Ketidakstabilan emosi pada peserta didik cenderung diakibatkan oleh masalah-masalah pribadi, oleh karena itu melalui bimbingan pribadi secara intensif diharapkan mampu membantu mengatasi masalah-masalah tersebut. Disinilah peran bimbingan dan konseling di sekolah dapat dioptimalisasi guna menstabilkan emosi peserta didik yang masil labil melalui bimbingan pribadi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) pelaksanaan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. 2) kestabilan emosi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. 3) pengaruh bimbingan pribadi terhadap kestabilan emosi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 111. Sampel 25% dari 111 peserta didik diperoleh sebanyak 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diketahui pelaksanaan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Pemalang dalam kategori baik sebanyak 13 peserta didik (46,4%). Sedangkan kestabilan emosi peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Pemalang dalam kategori tinggi sebanyak 10 peserta didik (35,7%). Pengaruh bimbingan pribadi terhadap kestabilan emosi peserta didik dilihat dari hasil perhitungan r hitung = 0,774 dikonsultasikan dengan nilai r tabel pada taraf signifikan 5%, dengan jumlah sempel N = 28 maka diperoleh r tabel = 0,374. Maka jika r hitung > r tabel yaitu 0,744 > 0,374. Dengan demikian Ha diterima yang berbunyi “Terdapat pengaruh bimbingan pribadi terhadap kestabilan emosi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah bimbingan pribadi yang efektif bukan hanya merubah kestabilan emosi peserta didik saja, namun perilaku, dan penerapan hasil bimbingan pribadi pada masalah yang dihadapi.
1109501365 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain