Skripsi
Penerapan Model Cooperative Learning untuk Perbaikan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Penerapan Model Cooperative Learning, dan Prestasi belajar
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model cooperative learning dalam mata pelajaran ekonomi, prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, Apakah dengan penerapan model cooperative learning dapat memperbaiki prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model cooperative learning dalam mata pelajaran ekonomi, prestasi belajar mata pelajaran ekonomi, Apakah dengan penerapan model cooperative learning dapat memperbaiki prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan. Kepustakaan adalah sumber data yang diperoleh dari dokumen yang mencari data-data mengenai hal-hal atau variabel yang merupakan catatan, transkip, buku, majalah, dan nilai-nilai yang menunjang penelitian. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.
Proses hasil penilaian dengan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 1 Ketanggungan Brebes dilakukan berdasarkan hasil catatan peneliti selama penerapan model cooperative learning. Pada pembelajaran kedua menjadi lebih baik dari pada pembelajaran awal, hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran ini hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian hasil belajar pada pembelajaran awal hanya 12,8 % sedangkan pada pembelajaran kedua mencapai 34,5%. Selain itu, penerapan model cooperative learning ini juga dapat mempererat hubungan kerja sama antar siswa.
Saran bagi siswa Diharapkan bisa menerapkan model cooperative learning dalam proses belajar-mengajar sehingga dapat mengantarkan pada kualitas pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan dan siswa dapat memperoleh hasil belajar yang selalu mengalami peningkatan.
1310500129 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain