Skripsi
Keefektifan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Kubus dan Balok ( Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 )
Kata kunci : Keefektifan, Metode Pembelajaran Discovery Learning, Motivasi, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII Semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang diajar dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang diajar dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran konvensional bila ditinjau dari motivasi belajar tinggi, 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang diajar dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran konvensional bila ditinjau dari motivasi belajar rendah.
Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Tegal dengan jumlah peserta didik 240 terbagi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sebagai sampel ada 4 kelas dengan jumlah 40 peserta didik untuk masing-masing kelas. Terdiri atas 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII B dan kelas VIII D dan 2 kelas kontrol yaitu kelas VIII A dan kelas VIII E. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi dan tes prestasi belajar. Untuk menguji kevalidan dan reabilitas instrumen, terlebih dahulu instrumen diteskan kepada 40 peserta didik yang mempunyai kemampuan sama dengan sampel penelitian ini. Analisis data menggunakan uji anava 2 arah dengan interaksi desain faktorial 2x2. Dalam penelitian ini, hasil prestasi belajar dikelompokkan berdasarkan tingkat motivasi belajarnya yaitu dalama kelompok motivasi tinggi dan motivasi rendah.
Kesimpulan dari penelitian bahwa 1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII Semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang diajar dengan metode pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran konvensional, 2) Prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi lebih efektif menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar siswa yang mempunyai motivasi rendah lebih efektif menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
1708501374 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain