Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Ditinjau dari Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik ( Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 Pada Materi Segiempat )
Kata Kunci : Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Motivasi Belajar Matematika, Prestasi Belajar Matematika.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan model pembelajaran Konvensional peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Segiempat, (2) model pembelajaran student facilitator and explaining lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi peserta didik kelas VII SMP N 19 Tegal pada materi segiempat.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dengan motivasi belajar matematika, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 19 Tegal. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes.dan angket. Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Dalam tes prestasi belajar matematika bentuk pillihan ganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas dan tingkat kesukaran soal. Analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dengan yang sebelumnya telah diuji dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian yaitu (1) ada perbedaan antara prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan model pembelajaran konvensional, ( 2 ) model pembelajaran student facilitator and explaining lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP N 19 Tegal.
1708501348 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain