Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Limit Fungsi Siswa Kelas XI IA Semester II SMA N 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Keefektifan, Prestasi Belajar Matematika, Numbered Heads Together (NHT), kemampuan awal (IQ)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan limit fungsi siswa kelas XI IA Semester II SMA N 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IA semester II SMA N 3 Slawi Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 158 siswa yang terbagi 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas yang diambil sebagai sampel ada 4 kelas dengan jumlah 32 siswa untuk masing-masing kelas. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IA 1 dan XI IA 2 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI IA 3 dan XI IA 4 yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data menggunakan analisis kovarian (anakova) tetapi sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji prasyarat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan limit fungsi siswa kelas XI IA semester genap SMA N 3 Slawi Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501349 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain