Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Small Group Work terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tarub Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci : Keefektifan, Small Group Work, Prestasi Belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Small Group Work dengan model pembelajaran konvensional peserta didik kelas VII SMP Negeri I Tarub Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun ajaran Pelajaran 2011/2012 dengan pokok bahasan segi empat.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri I Tarub yang berjumlah 324 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 180 peserta didik yaitu kelas VII A, VII D, VII E, VII G, dan VII H yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Dokumentasi dan Teknik Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Dari analisis data hipotesis pertama diperoleh thitung = 2,140, dengan derajat kebebasan (dk) (72 + 72) – 2 = 142 diperoleh harga ttabel = 1,645 dengan taraf signifikansi 5%, maka thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,140 > ttabel = 1,645). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, maka hasil penelitian ini menunjukan ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Small Group Work dengan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII semester II SMP Negeri I Tarub Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan pokok bahasan segi empat. 2) Dari analisis data hipotesis kedua diperoleh thitung = 4,28, dengan derajat kebebasan (dk) n = 144 diperoleh harga ttabel = 1,645 dengan taraf signifikansi 5%, maka thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 4,28 > ttabel = 1,645). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Small Group Work lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional.
1708501240 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain