Skripsi
The Use of Quantum Teaching on the Students’ Reading Achievement in Recount Text (An Experimental Study at The 8th Grade Students of SMP N 2 Slawi in the Academic Year 2011/2012)
Kata Kunci: Quantum Teaching, Reading Recount Text.
Penelitian berfokus pada metode Quantum Teaching diterapkan untuk kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris terutama materi reading recount teks. Dalam penelitian ini penulis mengambil populasi siswa kelas 8 sejumlah 334 siswa. Dengan menggunakan simpel random sampling penulis mengambil 30 siswa sebagai sampel.
Dalam melakukan proses penelitian penulis membagi kelompok menjadi 2 yaitu experimental dan kontrol. Kemudian experimental diberikan metode quantum teaching sedangkan kontrol tidak diberikan metode quantum teaching. Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian untuk mengumpulkan data. Tes berkaitan dengan materi reading recount teks 30 soal berbentuk pilihan ganda dalam waktu 90 menit.
Tes dikatakan valid karena hasil rtest nya lebih tinggi dibandingkan rtable yaitu 0,517 > 0,361 dengan taraf signifikan 5%. Bisa dikatakan reliabel karena hasil rtest nya lebih tinggi dibandingkan r table yaitu 0,718 > 0,361 dengan taraf signifikan 0,05. Masing-masing dengan sampel (N) 30. Sedangkan hasil t-test nya adalah 5,535 dikonsultasikan ke tabel t dengan degree of freedom (df) 58 dan taraf signifikasi t 005 adalah 2,048. Sehingga hasil dari t–test lebih tinggi dibandingkan dengan t-table dan dapat disimpulkan hipotesis nol ditolak sedangkan hipotesis penelitian diterima.
Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching bisa diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris terutama reading recount text. Penulis ingin memberikan saran kepada siswa dan guru. Untuk siswa diharapkan mampu memahami materi Bahasa Inggris terutama reading recount teks dengan menggunakan metode Quantum Teaching. Sedangkan bagi guru diharapkan mampu mengatur waktu dalam kegiatan belajar dan mengajar Bahasa Inggris terutama reading recount text.
1608501954 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain