Skripsi
Keefektifan Metode 5W+1H dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi dengan Teknik Wawancara pada Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2011/2012
Kata Kunci : metode 5W+1H, pembelajaran menulis, karangan argumentasi, dan teknik wawancara.
Pembelajaran menulis merupakan kunci utama dalam pemerolehan bahasa. Maka diperlukan keefektifan pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Untuk memenuhi aspek tersebut, diciptakan media pembelajaran yang diantaranya media teks wawancara.
Penulis ini mengkaji tiga masalah yaitu : (1) Bagaimanakah pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan teknik wawancara pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2011/2012 ? (2) Bagaimanakah penggunaan teknik wawancara pada pembelajaran menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun ajaran 2011/2012? (3) Bagaimanakah keefektifan penggunaan teknik wawancara dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun ajaran 2011/2012?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penulis ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan media teks wawancara, (2) kelompok II (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa media teks wawancara sebanyak 40 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat karangan argumentasi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 10 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,94 dengan t tabel 1,68 .
Jadi pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media teks wawancara dan tanpa menggunakan media teks wawancara sama-sama efektif tetapi lebih efektif dengan media teks wawancara karena : (1) pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, (2) bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, (3) dengan media teks wawancara dapat membantu siswa untuk memudahkan dalam membuat karangan argumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media teks wawancara dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
1508501118 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain