Skripsi
Keefektifan Metode Reward Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas 3 MTs Darul Istiqomah Larangan Kab Brebes
Kata kunci; metode reward,kreativitas menulis cerpen
Dalam perkembangan dunia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan oleh pemerintah menghendaki terwujudnya suasana yang menarik agar siswa dapat mengembangkan potensi dirinya .salah satu pembentuk yang menarik dan stategis dalam proses pembelajaran keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan metode reward .untuk mengasah kemampuan siswa dapat berkreasi dalam mencurahkan karya-kartanya dengan keterampilan menulis khususnya cerpen
Dengan tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode reward dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas 3 MTs Darul Istiqomah Larangan Kab Brebes . sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang diambil keseluruhannya dari jumlah siswa kelas 3 MTs Daarul Istiqomah,kemudian dari jumlah siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dan setiap kelompok berjumlah 30 siswa.penulis menggunakan tes uji –t yaitu tindakan perbedaan antara siswa yang menjadi sampel eksperimen
Analisis data untuk penelitian menggunakan uji –t yaitu ada tidaknya perbedaan hasil yang segnifikan diantara kedua metode .dari hasilpenelitian dengan menggunakan rumus uji-t .peneliti menunjukan bahwa pada taraf segnifikansi 5% terdapat perbedaan yang seginfikan antara siswa yang menggunakan metode reward dan siswa yang diajar tanpa menggunakan metode reward pada kelas 3 MTs Daarul Istiqomah dibuktikan dengan menggunakan perhitungan hasil dari t-hitung 2,243 sedangakan t –tabel 2.000( t-hitung lebih besar dari pada t-tabel)
Dari hasil penelitian tersebut,dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada siswa yang menggunakan metode reward dan siswa yang tidak menggunakan metode reward pada siswa kelas 3 MTs Daarul Istiqomah Larangan Kabupaten Brebes.
1508501069 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain