Skripsi
Keefektifan Metode Kontekstual terhadap Pembelajaran Keterampilan Menulis Surat Resmi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Pangkah.Skripsi
Kata kunci: Metode Kontekstual, Keterampilan Menulis, Surat Ressmi.
Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah Apakah metode kontekstual efektif terhadap pembelajaran keterampilan menulis surat resmi pada siswa SMP kelas VII SMP Negeri 1 Pangkah ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis eksperimen. Penelitian eksperimen adalah suatu cara untuk memberi hubungan sebab akibat (hubungan kualitas) antara dua faktor yang ditimbulkan oleh penulis dengan mengurangi faktor-faktor lain yang dapat mengganggu. Penelitian ini dimaksudkan apakah metode pendekatan kontekstual efektif dalam keterampilan menulis. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 pangkah yang berjumlah 342 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 76 siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas pertama (A) berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas kedua (C) berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster random Sampling, pengambilan sampel secara acak yaitu kelas VII A sejumlah 38 siswa kontrol dan VII C 38 siswa eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu Variabel uji/eksperimen; yaitu metode kontekstual dan variabel kontrol; yaitu keterampilan menulis surat resmi. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan metode observasi, dan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan korelasi uji t-non independen dan uji t-independen, setelah rasio t diperoleh, selanjutnya membandingkan rasio t tersebut dengan nilai t tabel dan taraf signifikan 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis surat resmi dengan menggunakan metode kontekstual. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh sebesar 3,50 ternyata lebih besar dari pada taraf signifikan 5% 01,67. Penelitian ini telah membuktikan tentang keefektifan metode kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menulis surat resmi pada siswa kelas VII SMP N 1 Pangkah, Kabupaten Tegal. Peningkatan keterampilan menulis pada siswa dapat dilihat dari hasil pretes dan postes pada kelas exsperimen mengalami peningkatan yang cukup berarti.
1508501073 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain