Skripsi
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PROSEDUR BERTANYA UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII MTS NU SUNAN KALIJAGA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2012
Kata kunci: prosedur bertanya, membaca pemahaman.
Keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting bagi siswa. Keterampilam membaca akan dapat dikuasai jika dilakukan secara berulang-ulang, teratur dan terarah. Membaca memberikan andil yang besar dalam nilai-nilai kehidupan, baik kehidupan dunia pendidikan maupun kehidupan kemasyarakatan. Oleh sebab itu, keberadaan membaca perlu diupayakan secara maksimal. Salah satu keterampilan membaca yaitu membaca pemahaman.
Penelitian yang dilakukan penulis ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui kemampuan membaca siswa kelas VII Mts NU Sunan Kalijaga Kab Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengelompokan sampel menjadi 2 kelompok yang masing masing terdiri dari 32 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode observasi . Untuk menganalisis digunakan rums korelasi uji t nonindependen dan rumus korelasi uji t independen.
Populasi penelitian ini diperoleh dari hasil tes yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian di uji dengan menggunakan uji t. berdasarkan analisis t hitung = 2.70 dimana t tabel dengan derajat kebebasan (dk) 32+32-2= 1.67 pada taraf signifikansi 0.05 harga t tabel 1.67. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (2.70>1.67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitan ini diterima
Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa MTs NU Sunan Kalijaga Kabupaten Tegal yang diajar menggunakan metode diskusi mengalami perubahan perilaku yang positif, sehingga berpengaruh pula terhadap prestasi siswa yang lebih baik.
1508500990 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain