Skripsi
Hubungan Minat Membaca terhadap Intensitas Kunjungan ke Perpustakaan Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Minat, Membaca, Intensitas, Perpustakaan.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah minat membaca siswa kelas X terhadap intensitas kunjungan ke perpustakaan di SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012?.
Pendekatan terhadap masalah pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, yaitu mengumpulkan data sebanyak-banyaknya mengenai faktor-faktor yang merupakan pendukung terhadap minat membaca. Metode penelitian pada penelitian ini adalah menggunakan metode angket. Metode ini digunakan dengan cara membagikan daftar pertanyaan kepada siswa kelas X yang datang ke perpustakaan.
Sampel penelitian ini adalah 10% dari jumlah populasi kelas X berjumlah 32 anak. Variabel bebas (X) adalah minat membaca dan variabel (Y) adalah intensitas kunjungan ke perpustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi, dan interview. Analisis data menggunakan rumus koefisien korelasi product moment.
Hasil temuan menunjukan bahwa: 1) Minat membaca siswa kelas X SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012, termasuk kategori cukup atau sedang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui skor minat membaca terendah 50, tertinggi 89, dan skor rata-ratanya 68,406 yaitu terletak pada rentang 65,11 – 71,68 (kategori C atau Sedang). 2) Intensitas kunjungan siswa ke perpustakaan SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012, termasuk kategori cukup atau sedang. Berdasarkan hasil jawaban angket penelitian intensitas kunjungan ke perpustakaan dari 32 responden, 25 responden memilih poin c yaitu 12 – 15 kali dalam satu bulan (kategori C atau sedang).
Minat membaca mempengaruhi intensitas kunjungan siswa kelas X ke perpustakaan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa rxy = 0,62 sedangkan rtabel dengan N = 32 pada taraf signifikan 95% = 0,349 dan pada taraf 99% = 0,449. Sehingga rxy > rtabel pada taraf 95% maupun 99%. Hal ini memberikan arti bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Pengaruh tersebut dalam kategori sedang.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara minat membaca dengan intensitas kunjungan ke perpustakaan siswa kelas X di SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012.
1508501035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain