Skripsi
Kemampuan Membedakan Makna Semantis dan Makna Pragmatis dalam Wacana pada Siswa Kelas X di SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Makna Semantis. Makna Pragmatis, Keterampilan Membaca Wacana
Rumusan masalah: 1. Bagaimanakah kemampuan siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang dalam menentukan makna semantis wacana? 2. Bagaimanakah kemampuan siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang dalam menentukan makna pragmatis wacana? 3. Bagaimanakah kemampuan siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang membedakan makna semantis dan makna pragmatis wacana? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman dalam menentukan makna semantis dalam wacana. 2. Untuk mndeskripsikan kemapuan siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang dalam menetukan makna pragmatis dalam wacana. 3. Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang dalam membedakan makan semantis dan makna pragmatis dalam wacana.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Teknik dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah Ekspost Facto Penelitian ini bersifat kuantitatif yakni menganalisis data dengan rumus statistik. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi dan tes tertulis.
Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada 23 Apil sampai 5 Mei 2012 dan hasilnya siswa yang mendapat 70 keatas sebanyak 65% dan siswa yang mendapatkan 70 ke atas sebanyak 35%. Jadi, kemampuan membedakan makna semantis dan makna pragmatis dalam wacana pada siswa kelas X di SMA tergolong baik.
PBSID021020122 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain