Skripsi
Keefektifan Pembelajaran Bermain Drama dengan Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pembelajaran Bermain Drama
Penelitian yang berjudul “Keefektifan Pembelajaran Bermain Drama dengan Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegalâ€. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran bermain drama dengan metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif Teknik penelitian ini dilakukan dengan memberikan tugas bermain drama dengan metode bermain peran kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah Tes objektif digunakan untuk mengukur kemampuan mengekspresikan metode bermain peran oleh siswa.
Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegal sebanyak 36 orang. Jadi t-hitung adalah = 4,405. Derajat kebebasan (db) untuk tes signifikansi dalam t-tes adalah jumlah seluruh subjek dikurangi satu, sehingga dalam penelitian ini adalah db = (N-1) = 36-1 = 35 (konsultasi pada tabel nilai t pada lampiran 2 ekor). Dengan db sebesar 35 dengan t = 0,975 untuk tes dua ekor dengan ts = 0,05, karena dalam tabel tidak ditemui db sebesar 35, oleh karena itu dipergunakan db yang terdekat yaitu 30.
Dengan t = 0,975 harga t = 2,04. Karena t-hitung diperoleh sebesar = 4,405 adalah lebih besar daripada t untuk lampiran 2 ekor. Maka penelitian ini sangat signifikan. Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak “tidak terdapat keefektifan pembelajaran bermain drama dengan metode bermain peran pada siswa kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegalâ€, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima “terdapat keefektifan pembelajaran bermain drama dengan metode bermain peran pada siswa kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegal. Dengan ditolaknya hipotesis nol (Ho) dan diterimanya hipotesis alternatif (Ha) maka penelitian ini berbunyi bahwa “terdapat keefektifan pembelajaran bermain drama dengan metode bermain peran pada siswa kelas VIII MTs Negeri Margadana Kota Tegal antara sebelum diberikan pembelajaran bermain drama dengan metode bermain peran dengan sesudah diberikan pembelajaran bermain drama dengan metode bermain peranâ€. Sesuai dengan perhitungan, ternyata nilai perhitungan t-hitung yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebesar 4,405 dengan db sebesar 35, pada t = 0,975 untuk tes dua ekor dengan t.s = 0,05 adalah harga t = 2,04 lebih kecil dari t-hitung, maka hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini cukup efektif.
1508500932 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain