Skripsi
Keefektifan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2011/2012
Kata Kunci : media gambar seri, pembelajaran menulis, dan karangan narasi.
Pembelajaran menulis merupakan kunci utama dalam pemerolehan bahasa. Maka diperlukan keefektifan pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Untuk memenuhi aspek tersebut, diciptakan media pembelajaran yang diantaranya media gambar seri.
Penulis ini mengkaji tiga masalah yaitu : (1) Bagaimanakah pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2011/2012 ? (2) Bagaimanakah penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun ajaran 2011/2012? (3) Bagaimanakah keefektifan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun ajaran 2011/2012?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penulis ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan media gambar seri, (2) kelompok II (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa media gambar seri sebanyak 35 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat karangan narasi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 7,28 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,06 dengan t tabel 1,70 .
Jadi pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar seri dan tanpa menggunakan media gambar seri sama-sama efektif tetapi lebih efektif dengan media gambar seri karena : (1) pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, (2) bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pembelajaran lebih baik, (3) dengan media gambar seri dapat membantu siswa untuk memudahkan dalam membuat karangan narasi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan narasi dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
1508500997 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain