Skripsi
Kemampuan Membedakan Klausa Final dan Nonfinal pada Siswa Kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Klausa Final dan Klausa Nonfinal.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perbedaan klausa final dan nonfinal dalam bahasa Indonesia. 2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam membedakan klausa final dan nonfinal dalam bahasa Indonesia Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan perbedaan klausa final dan nonfinal dalam bahasa Indonesia. 2) Mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna tahun Pelajaran 2011/2012 dalam membedakan klausa final dan nonfinal dalam bahasa Indonesia.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bhakti Praja Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012, sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes yaitu tes essay kemampuan membedakan klausa final dan nonfinal. Teknis analisis dalam penelitian ini yaitu dengan merekap nilai siswa, menghitung nilai rata-rata dan menghitung persentase nilai.
Berdasarkan pada hasil penelitian, uji instrumen sudah memenuhi tingkat validitas dan reliabilitas dengan diketahui N=26 dan taraf signifikansi 5% dari tabel r-product moment. Tingkat validitas diperoleh r-hitung 0,892 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,388, berarti r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,892 > 0,388), maka dapat disimpulkan instrumen tersebut valid, sedangkan pada tingkat reliabilitas diperoleh r-hitung 0,562 dan setelah dikonsultasikan ke dalam tabel r-product moment diperoleh r-tabel sebesar 0,388, berarti r-hitung lebih sebesar dari r-tabel (0,562 > 0,388), maka dapat disimpulkan instrument tersebut reliabel.
Setelah diadakan tes kepada siswa sampel, maka dapat disimpulkan data kemampuan siswa kelas X SMA Bhakti Praja Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam membedakan klausa final dan nonfinal sebesar 71,67 tergolong baik. Siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 22 dengan jumlah persentase sebesar 73,33 % dan siswa yang mendapat nilai di bawah 70 sebanyak 8 siswa dengan persentase sebesar 26,66 %.
PBSID21020123 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain