Skripsi
Keefektifan Strategi Pemodelan dengan Media Poster dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas X SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : keefektifan, media poster, pembelajaran menulis, paragraf deskripsi.
Pembelajaran menulis paragraf deskripsi dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan teknik pengajaran yang diantaranya menggunakan strategi pemodelan dengan media poster.
Penulis ini mengkaji tiga masalah yaitu : (1) Bagaimanakah pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012? (2) Bagaimakah pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan strategi pemodelan dengan media poster pada siswa kelas X SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012? (3) Bagaimanakah keefektifan strategi pemodelan dengan media poster dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012?
Penulis ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan strategi pemodelan dengan media poster, (2) kelompok II (kelompok kontrol) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa strategi pemodelan dengan media poster sebanyak 40 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membuat paragraf deskripsi. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 8,48 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,98 dengan t tabel 1,68.
Jadi pengajaran menulis paragraf deskripsi dengan strategi pemodelan dengan media poster serta tanpa strategi pemodelan dengan media poster sama-sama efektif tetapi lebih efektif dengan strategi pemodelan dengan media poster karena : (1) strategi pemodelan dengan media poster adalah salah satu teknik pembelajaran menghadirkan contoh (media poster) nyata sebagai acuan yang benar dalam proses belajar mengajar supaya siswa dapat belajar dengan mudah dengan hasil yang baik, (2) dengan hadirnya strategi pemodelan dengan media poster siswa antusias untuk belajar khususnya membuat paragraf deskripsi, (3) strategi pemodelan dengan media poster dapat membantu siswa untuk memudahkan dalam membuat paragraf deskripsi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan strategi pemodelan dengan media poster dalam pengajaran menulis paragraf deskripsi dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
1508501051 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain