Skripsi
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal Pada Mata Pelajaran PKn Materi Hubungan Internasional Melalui Metode pembelajaran Diskusi Kelompok Tahun Pelajaran 2011 / 2012
Kata Kunci: Pemahaman Siswa,Pembelajaran PKn, Metode Diskusi Kelompok.
Metode pembelajaran diskusi kelompok adalah metode pembelajaran yang mengutamakan kesktifan siswa dengan membentuk kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3-7 orang siswa. Diharapkan guru dengan memberikan materi kepada siswa melalui metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa, khususnya mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di tingkat Sekolah Menengah Atas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Slawi, Pokok bahasan hubungan internasional ? (2) Bagaimana upaya guru dalam menjelaskan materi hubungan internasional pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Slawi melalui metode diskusi kelompok? (3) Manfaat apa yang diperoleh siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok pada siswa kelas XI SMA 2 Negeri Slawi? Penelitian ini menggunalakn metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana terjadi peningkatan pemahaman siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Slawi setelah dengan menggunakan metode diskusi. (2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menyampaikan materi dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Slawi. (3) Agar mengetahui manfaat apa saja yang diperoleh siswa saat belajar menggunakan metode diskusi kelompok pada siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 2 Slawi
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan pemahaman siswa kels XI SMA Negeri 2 Slawi Kabupaten Tegal pada mata pelajaran PKn materi hubungan internasional memalui metode pembelajaran diskusi kelompok tahun pelajaran 2011/2012. Sudah optimal dan berjalan dengan baik, karna siswa mengalami peningkatan pemahaman dilihat dari keaktifan siswa ketika mengikuti proses belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok dan dengan adanya sistem pembelajaran diskusi kelompok guru memudahkan untuk melakukan analisia terhadap prilaku siswa secara optilmal.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah guru harus sering melakukan aktivitas belajar dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok agar siswa lebih bisa memahami materi yang telah dismapaikan, siswa mampu mengikuti dengan baik kegiatan belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok sesuai prosedur yang disamapaikan oleh guru dan diharapkan semua pihak bekerjasama bukan hanya guru mata pelajaran PKn saja agar terlibat dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa memalui sistem pembelajaran diskusi kelompok dan sekolah mampu memfasilitasi apa yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok.
1208500728 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain