Skripsi
UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN TETANG KESADARAN HUKUM PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X SMK N 1 BREBES TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kata kunci: Kesadaran Hukum, Cooperative Learning tipe Jigsaw.
Dalam Peningkatan Kesadaran Hukum siswa tentu harus timbul dalam diri siswa itu sendiri kemauan, dorongan yang timbul dari diri sendiri untuk tidak melanggar peraturan yang ada baik itu yang di lingkungan sekolah maupun yang ada di luar, sedangkan guru berperan dalam proses belajar mengajar di sekolah untuk mengatur siswa agar tidak melanggar peraturan yang ada disekolah serta membimbing siswa agar pencapaian hasil belajar maksimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungannya antara peningkatan pemahaman tetang kesadaran hukum melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?” berdasarkan landasan teori, penelitian ini memfokuskan tentang Kesadaran Hukum dan penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan responden menggunakan purposive sample, pemeriksaan keabsahan data menggunakan Teknik Triangulasi dan metode penyajian hasil analisis dengan metode informal.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Upaya peningkatan Pemahaman tentang kesadaran hukum pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui model cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas X SMK N 1 Brebes cukup baik karena dalam pelaksanaan pembelajaran siswa mengikuti proses belajar dengan baik dan bersungguh-sungguh, serta dalam proses belajarpun hasil belajar mereka mengalami perubahan yang signifikan.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah guru diharapkan selalu berusaha untuk terus meningkatkan kesadaran hukum siswa agar tidak melaggar peraturan yang ada disekolah serta agar siswa lebih giat belajar dan peggunaan model cooperative leaning yang diterapkan dalam Proses Belajar Mengajar agar hasil belajar siswa lebih baik dari materi mata pelajaran PKn yang sebelumnya
1208500724 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain