Skripsi
Minat Peserta Didik Kelas XI SMP Negeri 4 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 Dalam Memilih Sekolah Lanjutan
Kata Kunci : Minat, Memilih Sekolah Lanjutan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah minat peserta
didik kelas IX SMP Negeri 4 Ampelgading dalam memilih sekolah lanjutan?; 2)
Bagaimanakah pemahaman peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Ampelgading
tentang sekolah lanjutan setelah lulus?; 3) Bagaimanakah minat peserta didik kelas
IX SMP Negeri 4 Ampelgading setelah lulus, melanjutkan ke SMA, Aliyah, SMK
atau bekerja?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Minat peserta didik kelas
IX SMP Negeri 4 Ampelgading dalam memilih sekolah lanjutan; 2) Pemahaman
peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Ampelgading tentang sekolah lanjutan setelah
lulus; 3) Minat peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Ampelgading setelah lulus,
melanjutkan ke SMA, Aliyah, SMK atau bekerja?
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas IX SMP
Negeri 4 Ampelgading Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 210 orang
peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang tidak menggunakan
sampel dan teknik sampling. Teknik Pengumpulan data dengan angket, observasi,
interview dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik kelas IX
melanjutkan ke sekolah lanjutan pada peserta didik SMP Negeri 4 Ampelgading
terdiri dari delapan indikator. Adapun masing–masing indikator mempunyai
karateristik sendiri-sendiri. sesuai dengan keputusan, sebesar 41,16%, sesuai dengan
cita-cita sebesar 45,46%, sesuai dengan kemampuan sendiri sebesar 44,34%, ingin
langsung mendapatkan pekerjaan sebesar 40,95%, dorongan dari orang tua sebesar
43,67%, pengaruh ajakan dari teman sendiri sebesar 46,03%, pengaruh dari
lingkungan sekitar sebesar 53,30% dan mengikuti tren sebesar 55,19%. Hasil
observasi di lapangan menunjukkan bahwa minat Peserta Didik Kelas IX SMP
Negeri 4 Ampelgading dalam memilih sekolah lanjutan, melanjutkan ke SMA
sebanyak 15 peserta didik atau 7,14%, melanjutkan ke MA sebanyak 5 peserta didik
atau 2,38%, melanjutkan ke SMK 45 peserta didik atau 21,43%, melanjutkan ke
Pondok Pesantren sebanyak 60 peserta didik atau 28,57%, tidak melanjutkan dan
langsung bekerja sebanyak 85 peserta didik atau 40,48%.
Hendaknya sekolah mendatangkan guru dari sekolah lanjutan untuk
mengadakan sosialisasi tentang sekolah lanjutan, sehingga peserta didik
mendapatkan informasi yang akurat dan pada akhirnya dapat memilih sekolah
lanjutan sesuai dengan yang diharapkan. Hendaknya orang tua tidak memaksakan
kehendak terhadap pendidikan anak, karena jika pilihan anak tidak sesuai dengan
cita-cita maupun keinginakan anak dapat berakibat anak kurang bersemangat yang
pada akhirnya hasil yang dicapai juga tidak maksimal.
1109501395 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain