Skripsi
Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Persepsi Peserta Didik dan Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling dianggap sebagai polisi sekolah, sekedar tukang absen, mengadili peserta didik bermasalah dan tidak memberikan kontribusi yang berarti terhadap kemajuan prestasi belajar peserta didik, sehingga jarang peserta didik yang atas kemauan sendiri datang dan berkonsultasi dengan guru BK. Bahkan peserta didik takut dan malu jika di panggil guru BK, karena mengira telah berbuat kesalahan.
Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal, Untuk mengetahui bagaimana pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling pada kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal, Untuk mengetahui sejauh mana hubungan persepsi peserta didik terhadap pelayanan guru Bimbingan dan Konseling pada kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal.
Jumlah populasi adalah 342 peserta didik, untuk sampel penelitian 15% dari jumlah populasi dan diperoleh sebanyak 50 peserta didik menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket sebagai metode utama, dan wawancara serta dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif prosentase dan analisis korelasi pearson product moment. Angket yang diuji cobakan pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Suradadi Tahun Pelajaran. 2011/2012 dengan hasil seluruh item adalah valid dan reliabel. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus Deskriptif Prosentase dengan hasil pada variabel X dihasilkan prosentase 28% dengan katagori sangat baik, variabel Y dihasilkan prosentase 30% dengan katagori baik dan Analisis Pearson Product Moment menghasilkan nilai rhitung (0.763) > rtabel (0.361) pada TS 1%. Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis nihil Tidak terdapat persepsi peserta didik yang positif Terhadap Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 ditolak, dan Hipotesis alternatif Terdapat Persepsi Peserta Didik yang positif Terhadap Pelayanan Guru Bimbingan dan Konseling Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 diterima.
Kepada guru bimbingan dan konseling (BK), dalam memberikan layanan tetap menjaga mutu layanan, sehingga dapat mempertahankan persepsi peserta didik yang positif. Serta meningkatkan ilmu pengetahuan tentang bimbingan konseling untuk meningkatkan kinerja guru bimbingan konseling dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik.
1108500938 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain