Skripsi
Keefektifan Bimbingan KarirPada Peningkatan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Keputusan Karir
Layanan bimbingan karir merupakan layanan yang diberikan guru pembimbing kepada peserta didik agar peserta didik dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai karirnya di masa depan.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat keefektifan bimbingan karir terhadap keputusan karir peserta didik kelas X Akuntansi SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peserta didik kelas X Akuntansi SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 mampu mengambil keputusan karirnya dan untuk mengetahui besarnya keefektifan bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan karir.
Populasinya peserta didik kelas X Akuntansi SMK NU 1 Slawi Kab.Tegal sejumlah 200 peserta didik dan sampel yang dipakai berjumlah 40 peserta didik. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode angket. Angket yang sebelumnya di uji coba pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Slawi sebanyak 20 peserta didik. Hasil uji coba seluruh item valid dan reliabilitas.
Analisis data menggunakan deskriptif prosentase dan analisis product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh Tingkat bimbingan karir yang ada di SMK NU 1 Slawi Kab.Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 adalah tedapat dalamkategori sangat rendah sebanyak 10 peserta didik (25%) , kategori rendah sebanyak 5 peserta didik (12,5%) , kategori cukup sebanyak 9 peserta didik (22,5%), kategori sedang 4 peserta didik (10%), kategori tinggi sebanyak 8 peserta didik (20%) dan kategori sangat tinggi sebanyak 4 Peserta didik (10%). Sedangkan hasil dari penelitian tentang keputusan karir berdasarkan hasil angket diketahui yang termasuk kategori sangat rendah sebanyak 4 peserta didik (10%) , kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (10%) , kategori cukup sebanyak 11 peserta didik (27,5%), kategori sedang sebanyak 4 peserta didik (10%), kategori tinggi sebanyak 12 peserta didik (30%) dan kategori sangat tinggi sebanyak 5 peserta didik (12,5%).
Hasil perhitungan statistik pada penelitian diperoleh rhitung = 1 setelah dikonsultasikan dengan rtabel taraf signifikan 20% dengan N=40 sebesar 0,312. Ternyata perolehan rhitung = 1 > rtabel = 0,312 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima, bahwa terdapat peran keefektifan bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan karir pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran yang direkomendasikan adalah guru pembimbing di SMK lebih meningkatkan layanan khususnya layanan bimbingan karir dan peserta didik memanfaatkan layanan yang di berikan oleh guru pembimbing dengan baik.
1108500972 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain