Skripsi
Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengubah Perilaku Agresif Pada Peserta didik kelas VB SD Negeri Kali Wlingi 02 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dan Perilaku Agresif
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian adalah Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan kelompok, Bagaimanakah perilaku agresif, Apakah layanan bimbingan kelompok efektif dalam mengubah perilaku agresif peserta didik kelas V SD Negeri Kali Wlingi 02 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah pelaksanaan bimbingan kelompok, Bagaimanakah perilaku agresif, Apakah layanan bimbingan kelompok efektif dalam mengubah perilaku agresif peserta didik kelas V SD Negeri Kali Wlingi 02 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Kaliwlingi 02 Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 peserta didik, sampel sejumlah 25 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik proposional random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah bimbingan kelompok (variabel bebas) dan perilaku agresif peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan product moment dan teknik deskriptif prosentase.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, diperoleh nilai rxy = 0,787. hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel dengan jumlah responden (N) = 25 taraf signifikan 5% ternyata nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0.787 > 0.369. dengan analisa data tersebut, maka dalam penelitian ini disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mengubah perilaku agresif pada peserta didik“
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mengubah perilaku agresif pada peserta didik Kelas V SD Negeri Kaliwlingi 02 Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi peserta didik dapat meningkatkan perilaku yang positip guna mengetahui permasalahan yang dialami peserta didik termasuk permasalahan dalam perubahan perilaku agresif, bagi guru mata pelajaran hendaknya ikut mengawasi peserta didiknya dan bagi guru BK hendaknya melakukan pengawasan secara periodik pada peserta didiknya.
1108500917 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain