Skripsi
Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Kemandirian Dalam Memilih Karir Peserta Didik Kelas XI Teknik Mesin Otomotif di SMK Muhammadiyah Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata kunci : Bimbingan Karir, Kemandirian dalam memilih Karir
Program pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap faktor-faktor non psikologis telah banyak dilakukan, tetapi pembenahan tersebut kurang diimbangi dengan usaha pengembangan faktor-faktor psikologis pada peserta didik yang tidak kalah pentingnya, seperti: kemandirian, motivasi, minat, kreatifitas, kepercayaan diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bentuk pelaksanaan bimbingan karir pada peserta didik kelas XI Teknik Mesin Otomotif di SMK Muhammadiyah Ulujami Kabupaten Pemalang Pelajaran 2011/2012. 2) bentuk kemandirian peserta didik dalam memilih karir kelas XI Teknik Mesin Otomotif di SMK Muhammadiyah Ulujami Kabupaten Pemalang Pelajaran 2011/2012. 3) pengaruh bimbingan karir terhadap kemandirian dalam memilih karir peserta didik kelas XI Teknik Mesin Otomotif di SMK Muhammadiyah Ulujami Kabupaten Pemalang Pelajaran 2011/2012.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Teknik Mesin Otomotif SMK Muhammadiyah Ulujami Kabupaten Pemalang Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 45 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diketahui bimbingan karir pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kategori baik. Kemandirian dalam memilih karir pada peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Ulujami Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam kategori tinggi. Pengaruh bimbingan karir dengan kemandirian dalam memilih karir, diketahui dari nilai r hitung sebesar 0,729 dan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai tabel product moment taraf signifikan 5% (0,294). Sehingga hipotesa kerja (Ha) yang menyatakan “ Terdapat pengaruh bimbingan karir terhadap kemandirian dalam memilih karir peserta didik kelas XI Teknik Mesin Otomotif di SMK Muhammadiyah Ulujami Kabupaten Pemalang Pelajaran 2011/2012”
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini di antaranya adalah guru BK sebagai seorang pembimbing agar dapat memberikan solusi terbaik dan mengarahkan peserta didik ke masa depan yang lebih cerah.
1109501373 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain