Skripsi
Peningkatan Kemandirian Melalui Sosialisasi Partisipatif Bagi Peserta Didik Kelas V SD Negeri XIV Kec. Brebes Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Kemandirian, Sosialisasi Partisipatif
Penelitian ini menetapkan rumusan masalah yang akan diteliti yaitu bagaimana gambaran kemandirian peserta didik Kelas V, bagaimana upaya meningkatkan kemandirian melalui sosialisasi partisipatif peserta didik Kelas V dan apakah ada peningkatan kemandirian melalui sosialisasi partisipatif peserta didik Kelas V SD Negeri XIV Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran yang jelas tentang kemandirian, mengetahui upaya dalam meningkatkan kemandirian melalui sosialisasi partisipatif, dan ingin mengetahui ada tidaknya peningkatan kemandirian melalui sosialisasi partisipatif pada peserta didik Kelas V SD Negeri XIV Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri XIV Brebes tahun pelajaran 2011/2012. Sampel yang diambil sebanyak 30 peserta didik dari populasi 37 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan secara random/acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dibantu observasi serta dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif prosentase dan product moment yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan bahwa kemandirian peserta didik Kelas V SD Negeri XIV Brebes Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012 tergolong kriteria tinggi yaitu sebesar 46,7% dengan 14 peserta didik. Upaya penerapan sosialisasi partisipatif secara umum pada sampel penelitian tergolong dalam kriteria tinggi. Urutan prosentase upaya tersebut yaitu upaya guru menerapkan reinforcement/penguatan verbal terhadap peserta didik yang berprestasi baik akademis maupun sikap yang mencapai prosentase 85,1%, mengendalikan emosi baik guru maupun siswa 81,7%, menumbuhkan kebersamaan dan komunikasi verbal yang baik dengan keluarga dan teman 79,7% dan menumbuhkan sosialisasi dasar pada peserta didik 76,7%.
Hasil analisis diperoleh nilai r hitung > r tabel yaitu 0,515 > 0,361 sehingga untuk aspek ho ditolak dan ha diterima artinya ada peningkatan kemandirian melalui sosialisasi partisipatif bagi peserta didik kelas V SD Negeri XIV Kec. Brebes Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran peneliti untuk peserta didik agar memahami bahwa mandiri itu penting dalam kehidupan dan perlu ditingkatkan. Orang tua dan guru hendaknya mampu memahami proses pembentukan kemandirian peserta didik sesuai dengan tahap perkembangannya.
1108500853 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain