Skripsi
Pengaruh Layanan Konseling Religius Terhadap Perkembangan Emosi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Layanan Konseling Religius dan Perkembangan Emosi
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah berapa besar pengaruh konseling religius terhadap perkembangan emosi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konseling religius terhadap perkembangan emosi peserta didik.
Populasi penelitian ini adalah 239 peserta didik, dengan sampel 40 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara/interview dan dokumentasi, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi deskriptif persentase dan product moment
Pada variabel konseling religius dalam kategori sangat rendah (5%), kriteria rendah (10%), kriteria sedang (10%), kriteria cukup (35%), kriteria tinggi (30%), dan kriteria sangat tinggi (10%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling religius tergolong dalam kriteria cukup. Sedangkan pada variabel perkembangan emosi dalam kategori, sangat rendah (5%), kriteria rendah (7,5%), kriteria sedang (27,5%), kriteria cukup (20%), kriteria tinggi (22,5%), dan kriteria sangat tinggi (17,5%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perkembangan emosi peserta didik tergolong dalam kriteria sedang. Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,403 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 diperoleh harga rtabel 0,312, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel = 0,403 > 0,312. Ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Saya mengajukan saran diharapkan pelaksanaan konseling religius agar lebih diperhatikan lagi. Kepada seluruh komponen sekolah diharapkan dapat mendukung kegiatan layanan bimbingan dan konseling. Bagi peserta didik agar tidak segan untuk datang ke guru BK untuk konsultasi atas permasalahannya.
1108500953 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain