Skripsi
Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Melaluli Konseling Kelompok Pada Peserta Didik Kelas X SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Kepercayaan Diri dan Konseling Kelompok
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas X SMK Karya Bhakti Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas X SMK Karya Bhakti Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Populasi penelitian ini adalah 467 peserta didik, dengan sampel 49 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, interview dan dokumentasi, uji validitas dalam penelitian ini menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan product moment.
Pada variabel konseling kelompok dalam kategori sangat rendah (2,04%), kriteria rendah (2,04%), kriteria sedang (4,08%), kriteria cukup (28,57%), kriteria tinggi (48,98%), dan kriteria sangat tinggi (14,29%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok tergolong dalam kriteria tinggi. Sedangkan pada variabel kepercayaan diri dalam kategori sangat rendah (4,08%), kriteria rendah (6,12%), kriteria sedang (20,41%), kriteria cukup (20,41%), kriteria tinggi (34,69%), dan kriteria sangat tinggi (14,29%). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik tergolong dalam kriteria tinggi. Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,307 jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 49 diperoleh harga rtabel 0,281, maka dapat disimpulkan rxy > rtabel = 0,307 > 0,281. Ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Saran yang dapat direkomendasikan adalah meningkatkan pelaksanaan konseling kelompok dalam rangka meningkatan kepercayaan diri peserta didik. Karena kepercayaan diri adalah salah satu komponen penting dalam meraih kesuksesan.
1108500959 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain