Skripsi
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Percaya Diri Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional dan Percaya Diri
Perasaan takut berbicara, tidak mampu berbuat lebih baik, sikap pasrah, perasaan kurang dihargai, selalu berusaha menghindari tanggung jawab, kurang senang dengan keberhasilan orang lain, sensitifitas batin yang berlebihan adalah sesuatu yang lazim terjadi pada anak usia remaja. Bertolak dari itu semua peneliti mencoba menemukan ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan percaya diri siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian diambil sebanyak 20 siswa dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui validitas, rumus yang digunakan adalah rumus korelasi product moment dengan angka kasar oleh Karl Pearson. Sedangkan rumus yang digunakan untuk mengetahui indeks reliabilitas menggunakan rumus korelasi Spearman-Brown. Hasil analisis validitas dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan angket kecerdasan emosional terdapat 17 item valid dan 3 item tidak valid sedangkan angket percaya diri siswa terdapat 17 item valid dan 3 item tidak valid. Hasil analisis reliabilitas pada angket kecerdasan emosional 0,72 > 0,632. Dan nilai reliabilitas pada angket percaya diri 0,87 > 0,632. Sehingga kedua angket kecerdasan emosional dan percaya diri reliabel.
Dalam penelitian ini, teori yang dipakai adalah Hipotesis Hubungan Simetris. Berdasarkan kesimpulan teoritik, maka hipotesis yang diajukan adalah: 1) Ha : ada hubungan antara kecerdasaan emosi dan percaya diri pada siswa kelas X. 2) Ho : tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan percaya diri pada siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kecerdasan emosional siswa tergolong cukup baik. 2) Percaya diri siswa tergolong cukup baik. 3) Ada korelasi positif yang tinggi antara kecerdasan emosional dengan percaya diri siswa dengan angka korelasi (r) sebesar 0,84.
Berdasarkan hasil penelitian untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kecerdasan emosional yang berperan dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya, maka disarankan kepada pihak sekolah agar memasukkan unsur-unsur kecerdasan emosional dalam menyampaikan materi serta melibatkan emosi siswa dalam proses pembelajaran.
1107500706 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain