Skripsi
Pengaruh Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Terhadap Pengembangan Diri Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pelaksanaan Bimbingan Pribadi dan Pengembangan Diri
Pelaksanaan bimbingan pribadi merupakan layanan bantuan kepada peserta didik dalam mencapaian tujuan pendidikan dan keberhasilan peserta didik, baik pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan pribadi terhadap pengembangan diri peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi adalah peserta didik kelas XI di SMK PGRI 2 Taman Pemalang sejumlah 320 peserta didik, dan sampel sejumlah 32 peserta didik. Teknik sampiling yang digunakan adalah proporsional random sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, wawancara, dan observasi serta dokumentasi.Analisis perbedaan dengan analisis deskriptif prosentase dan korelasi product moment.
Dari hasil Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Terhadap Pengembangan Diri Peserta Didik Kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012 pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan cukup baik, tebukti dari hasil penelitian 32 peserta didik dengan kategori sangat rendah sebanyak 7 peserta didik (21,8%), kategori rendah sebanyak 4 peserta didik (12,5%), kategori sedang sebanyak 6 peserta didik (18,7%), kategori cukup baik sebanyak 10 peserta didik (31,2%), kategori baik sebanyak 1 peserta didik (3,1%) dan kategori sangat baik sebanyak 4 peserta didik (12,5%). Dari data tersebut rxy diperoleh sebesar 0,406. Nilai rhitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat r tabel dengan jumlah responden (N) = 32 ternyata perolehan besar dari r tabel yaitu 0,406 > 0,349. Maka Hipotesis Kerja (Ha) yang berbunyi “ Ada pengaruh pelaksanaan bimbingan pribadi terhadap pengembangan diri kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012” dinyatakan diterima.
Kesimpulan saran yang direkomendasikan adalah guru pembimbing lebih meningkatkan layanan bimbingan pribadi secara lebih dan pihak sekolah, memberi dukungan terhadap pelaksanaan bimbingan pribadi dengan memberikan fasilitas sarana dan prasarana secara maksimal guna untuk meningkatkan layanan bimbingan pribadi kepada peserta didik dalam mengembangkan diri.
1108500848 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain