Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat Siswa Kelas IV SD Negeri Kaliwadas 01 Kecamatan Adiwerna.
Berdasarkan data nilai guru, rata-rata nilai peserta didik kelas IV untuk pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat masih rendah yaitu 60. Penyebab masalahnya guru belum memperoleh cara mengajar yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS. Adapun permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat siswa kelas IV SD Negeri Kaliwadas 01 Kec. Adiwerna Kab. Tegal?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat siswa kelas IV SD Negeri Kaliwadas Kec. Adiwerna Kab. Tegal.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kaliwadas 01 Kec. Adiwerna Kab. Tegal tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 46 anak, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan membuat siswa lebih mudah memahami konsep atau materi. Model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS adalah model pembelajaran Berbasis Masalah. Model pembelajaran Berbasis Masalah memberikan kebebasan kepada siswa dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan Berbasis Masalah siswa harus mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan data, dan menggunakan data tersebut untuk pemecahan masalah. Cara pengambilan data penelitian ini dengan menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan jenis quasi eksperimen design.
Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan perolehan thitung = 8,583 > ttabel = 2,69 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas IV SD Negeri Kaliwadas 01 Kec. Adiwerna Kab. Tegal tahun pelajaran 2011 / 2012. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil pendekripsian dimana pada saat pre-test (sebelum penggunaan model pembelajaran Berbasis Masalah) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS sebesar 62,83. Sedangkan setelah pembelajaran Berbasis Masalah/post-test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat sebesar 71,52.
Dari hasil pendeskripsian tersebut maka dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pada pokok bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat melalui penggunaan model pembelajaran Berbasis Masalah.
1308500518 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain