Skripsi
Hubungan Kondisi/Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Di SMK Karya Bakti Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata kunci: Kondisi/Lingkungan Keluarga Prestasi Belajar .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang “Apakah hubungan kondisi/lingkungan keluarga dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X di SMK Karya Bakti Brebes tahun 2011/2012”. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kondisi/lingkungan terhadap prestasi belajar maka dilakukan uji korelasi.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil tempat di SMK Karya Bakti Brebes tahun 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X RPL (rancangan Perangkat Lunak) yang berjumlah 30. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data korelasi product moment.
Berdasarkan hasil belajar, dari 30 peserta didik ternyata hasil rhitung kelas X RPL, diketahui angka perolehan nilai rhitung = 0,694 Nilai rhitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikasi 5% = 0,514 ternyata hasil rhitung > rtabel ( 0,694> 0,514 ). artinya terdapat korelasi antara kondisi/lingkungan keluarga dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Karya Bakti Brebes.
Dari hasil tersebut penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar dengan hubungan kondisi/lingkungan Karya Bakti Brebes.
Kondisi/lingkungan keluarga hendaknya mampu menciptakan suasana yang harmonis dan saling mendukung terhadap kegiatan belajar anak sehingga prestasi belajar dapat diraih dengan hasil yang membanggakan bagi anggota keluarga.
1308500565 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain