Skripsi
Efektivitas Pembelejaran Think-Pair-Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik (Studi pada peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Efektivitas, Model, TPS, Matematika
Ujung tombak keberhasilan dalam pendidikan terletak pada guru sebagai manajer dalam proses pendidikan. Guru dituntut untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar agar peserta didik mempunyai kemampuan pemecahan masalah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Guru harus pintar dalam memilih model pembelajaran yang menyenangkan, dan membuat peserta didik dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksud adalah Think-Pair-Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika bila ditinjau dari kemampuan numerik pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 321 peserta didik yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas yaitu X.9, X.8 dan X.3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Rancangan Acak Kelompok (Randomized Block Design).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan numerik pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 pada pokok bahasan logika matematika.
1708501421 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain