Skripsi
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator and Explaining dengan Pendekatan Humanistik terhadap Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian pada Materi Pokok Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 01 Warureja Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata kunci : Keefektifan, Metode Student Fasilitator and Explaining, Pendekatan Humanistik, Hasil Belajar.
Penelitian di SMP N 01 Warureja kelas VIII semester II pada materi pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2011/2012 ini bertujuan untuk membuktikan : (1) adanya perbedaaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dengan pendekatan humanistik dibandingkan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dengan pendekatan humanistik terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kubus dan balok di kelas VIII semester II SMP N 01 Warureja tahun pelajaran 2011/2012.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II tahun pelajaran 2011/2012 di SMP N 01 Warureja dengan jumlah 333 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling. Kelas sampel yang diambil adalah kelas VIII G dan VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E dan VIII F sebagai kelas kontrol. Data yang digunakan adalah dokumentasi, dan tes. Sebelum tes diberikan kepada responden, instrumen terlebih dahulu akan diuji cobakan, kemudian diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran. Teknik analisis data dengan uji-t dua pihak dan dilanjutkan dengan uji-t pihak kanan. Sebelum data dianalisis, maka dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data dan uji Bartlet untuk mengetahui homogenitas data.
Hasil penelitian di SMP N 01 Warureja kelas VIII semester II pada Materi Pokok kubus dan balok tahun pelajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dengan pendekatan humanistik dibanding pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator and Explaining dengan pendekatan humanistik terhadap hasil belajar siswa lebih efektif dibanding siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional .
1707501099 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain