Skripsi
PENINGKATAN KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM PROSES BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE aRTi DI KELAS V MI AR ROISIYYAH JENGGAWUR KECAMATAN PANGKAH KABUPAETN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Kata Kunci : Kreativitas Berpikir dan Metode aRTi.
Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian tindakan kelas melalui perbaikan proses pembelajaran pada mata pelajaran matematika ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas berpikir pada siswa kelas V MI Ar Roisiyyah Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : penerapan metode aRTi dapat meningkatkan kreativitas berpikir dalam proses belajar mata pelajaran matematika bagi siswa kelas V MI Ar Roisiyyah Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011.
Terkait dalam penelitian ini, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester II MI Ar Roisiyyah Jenggawur Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal pada Tahun Pelajaran 2010/2011. Sebagai objek penelitian adalah kreativitas berpikir siswa terhadap matematika.
Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan tes kreativitas berpikir matematika. Analisis data dari hasil tes kreativitas berpikir matematika pada proses pembelajaran pra siklus didapat persentase jumlah siswa yang mempunyai kreativitas berpikir matematika dengan kualifikasi minimal cukup pada proses pembelajaran pra siklus terdapat 4 siswa (17,39% dari 23 siswa). Pada proses pembelajaran siklus tindakan I terdapat 7 siswa (30,43% dari 23 siswa) atau meningkat sebesar 13,04% dari hasil proses pembelajaran pra siklus. Pada proses pembelajaran siklus tindakan II terdapat 12 siswa (52,17% dari 23 siswa) atau meningkat sebesar 21,74% dari hasil proses pembelajaran siklus tindakan I.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V MI Ar Roisiyyah Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011 kreativitasnya meningkat ketika guru menggunakan metode aRTi pada proses pembelajaran matematika di kelas.
1706500907 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain