Skripsi
Pengaruh Konsep Diri dan Intensitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Semester II SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Pengaruh, Konsep Diri, Intensitas Belajar, Hasil Belajar Matematika.
Konsep diri dan intensitas belajar merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian pada peserta didik kelas X semester II SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah ada pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika, (2) apakah ada pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) apakah ada pengaruh konsep diri dan intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X Semester II SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 436 peserta didik yang terbagi dalam 14 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 187 peserta didik yaitu diperoleh dari kelas X AK 2, X AP 1, X AP 2, X PM 1, X PM 2 dan X TKJ 2. Metode pengumpulan data konsep diri, intensitas belajar dan hasil belajar peserta didik yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear ganda, Sebelumnya data diuji dengan uji Liliefors dan uji Bartlet untuk mengetahui normalitas dan homogenitas data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap hasil belajar matematika, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika.
1708501336 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain