Skripsi
Korelasi Konsep Diri dengan Kematangan Emosi Peserta Didik Kelas X SMK Ma’arif NU Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Konsep Diri, Kematangan Emosi
Peserta didik SMK atau SMA yang masih tergolong remaja berada dalam masa transisi dari anak-anak ke dewasa. Emosinya cenderung belum stabil. Ia kurang dapat mengontrol emosinya, segala tindakannya seringkali dilakukan tanpa memikirkan akibatnya. Emosi yang muncul biasanya dipengaruhi oleh lingkungan. Tidak semua peserta didik mampu menemukan konsep dirinya. Kurangnya bimbingan dari guru dan orang tua menyebabkan peserta didik sulit mengendalikan emosi dan menemukan konsep dirinya. Perlu adanya bimbingan terhadap peserta didik guna mengembangkan konsep diri dan kondisi emosinya. Maka perlu diadakan sebuah penelitian mengenai Korelasi Konsep Diri dengan Kematangan Emosi Peserta Didik di SMK Ma’rif NU Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian untuk : 1) Mendapatkan gambaran tentang konsep diri peserta didik, 2) Mengetahui kematangan emosi, 3) Mengetahui bagaimana korelasi konsep diri dengan kematangan emosi peserta didik kelas X SMK Ma’rif NU Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sebagai populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 289 peserta didik dan sampel 40 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Pengumpulan data dengan dokumentasi dan instrumen berupa angket, serta dilengkapi dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment serta teknik deskriptif persentase.
Dari hasil analisis diketahui peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 mempunyai konsep diri dalam kategori baik serta memiliki kematangan emosi yang stabil (matang), dari hasil korelasi diketahui rhitung = 0.721 dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5 %, dengan jumlah N = 40 maka diperoleh rtabel = 0.721, sehingga rhitung > rtabel yaitu 0.721 > 0.312. Dengan demikian H0 yang berbunyi ”Tidak ada korelasi konsep diri dengan kematangan emosi peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” ditolak, dan Ha yang menyatakan ”Ada korelasi konsep diri dengan kematangan emosi peserta didik kelas X SMK Ma’arif NU Talang Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012” diterima.
Adapun saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini: 1) peserta didik melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuka cakrawala berpikir dan pengalaman, 2) Dengan konsep diri peserta didik yang baik dan emosi yang matang (stabil) maka perlu dibina secara intensif lagi baik oleh guru pembimbing, orang tua serta semua pihak yang berada di sekitar peserta didik sehingga ia mampu melakukan berbagai hal yang mendukung perkembangan dan kesuksesannya di masa depan.
1110500231 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain