Skripsi
Studi Terhadap Peran Bimbingan Konseling pada Penyelesaian Prilaku membolos. Peserta Didik Kelas X SMK Karya Bakti Brebes Tahun 2011/2012
Kata Kunci: Studi Terhadap Peran Bimbingan Konseling, Penyelesaian Prilaku Membolos.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian prilaku membolos melalui peran bimbingan konseling di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui perna bimbingan konseling dalam upanya menngatasi prilaku membolos pada peserta didik dari wacana di atas maka penulis melakukan penelitian pada objek tersebut untuk mengetahui prilaku membolos dan peran bimbingan konseling pada peserta didik kelas X SMK Karya Bakti Brebes Kabupaten Brebes, serta ingin mengetahui ada tidaknya kolerasi antara Studi Terhadap Peran Bimbingan Konseling pada Penyelesaian Prilaku Membolos.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik angket/kuesioner, dan dokumentasi. Adapun populasi yang ada di dalam penelitian ini adalah peserta didk kelas X SMK Karya Bakti Brebes Tahun 2011/2012 berjumlah 33 peserta didik yang sekaligus sebagai sampel penelitian.
Disini analisis yang digunakan statistik kuantitatif pada taraf signifikasi 5% dengan skor empiris 0,451% ternyata lebih besar dari nilai tabel dengan demikian hipotesis kerja yang diajukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Studi Terhadap Peran Bimbingan Konseling pada Penyelesaian Prilaku membolos peserta didik kelas X SMK Karya Bakti Brebes Berdasarkan analisis korelasi data hasil penelitian diperoleh rxy diperoleh rxy sebesar 0,451 dan setelah dikonsultasikan pada rtabel untuk n = 33 taraf signifikasi 5% = 0,344, maka rxy > rtabel, 0,451 > 0,344 yang berarti hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi ”Tidak ada pengaruh peran bimbingan konseling pada penyelesaian prilaku membolos pada peserta didik kelas X SMK Karya Bakti Brebes tahun pelajaran 2011/2012”. dinyatakan ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi ”Ada pengaruh peran bimbingan konseling pada penyelesaian prilaku membolos peserta didik kelas X SMK Karya Bakti Brebes tahun pelajaran 2011/2012”. dinyatakan diterima.
.Simpulan bahwa tingkat pelaksanaan pemberian Studi Terhadap Peran Bimbingan Konseling adalah “cukup” (30,30%), sedangkan prilaku membolos dikatagorikan “sedang” (69,20%). Saran diharapkan semua pihak mampu ikut berperan serta dalam memberikan penyelesaian prilaku membolos pada peserta didik kelas X di SMK Karya Bakti Brebes Tahun 2011/2012.
1108500946 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain