Skripsi
Upaya Peningkatan Keefektivan Pembelajaran PKn Melalui Kreatifitas guru dalam merancang tugas-tugas kelompok di SMP Bhakti Praja Suradadi tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci : Keefektivan Pembelajaran, Kreativitas Guru
Belajar pada hakekatnya adalah suatu aktifitas yang mengharapkan perubahan tingkah laku pada individu menjadi lebih baik, perubahan yang dapat merubah orang untuk lebih berpengetahuan dan memiliki modal lebih baik
Perubahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah upaya berarti sifat guru dapat meningkatkan pembelajaran pkn terhadap siswa ? (2) Apakahupaya peningkatan pembelajaran pkn melalui tugas kelompok dapat efektif ? (3) Bagaimakah hambatan dan kesulitan dalam upaya meningkatan keefektifan dalam pembelajaran pkn ? penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir dapat di rumuskan hipotesis sebagai berikut: upaya peningkatan keefektifan pembelajaran pkn melalui kreatifitas guru dalam merancang tugas – 3 kelompok pada siswa kelas 7 memberikan dampak yang positif.
Upaya peningkatan pembelajaran melalui keefektivan pembelajaran pkn melalui kreativitas guru dalam merancang tugas-tugas kelompok di Smp Bhakti Praja Suradadi kelas V11 tahun pelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam kreativitas guru dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa dengan hal ini ada beberapa pokok materi yang di sampekan kepada siswa yaitu (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Pengamatan (4) Rwfleksi
Hasil penelitian pada siklus 1 berdasarkan hasil tes, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 81,25 % dengan nilai rata-rata 68,59. Pada siklus 2 ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 96,88 % dengan nilai rata-rata 76,25. Sedangkan hasil penelitian afektif dan psikomotorik pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal sebesar 65,9 % . dan siklus 2 meningkat menjadi 87,8 %
Dari penghituan tersebut menunjukan bahwa ada perbedaab siswa dalam pembelajaran guru yang kreatif dalam menyampekan materi kepada siswa akan menjadikan siswa suka akan materi pelajaran yang di sampekan oleh guru.
Dengan hasil penelitian kreatifitas guru dan keefektivan pembelajaran kelompok menjadikan siswa lebih tau apa yang guru sampekan dalam materinya tersebut. Dan meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V11 SMP Bhakti Praja Suradadi
1208500726 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain