Skripsi
Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan CD Interaktif Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Matematika (Suatu Penelitian padaKelas VIII Semester II MTs NU 1 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012).
Kata Kunci : Keefektifan, Berbasis masalah, CD interaktif, Sikap, Hasil
Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada perbedaan sikap belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD Interaktif dengan metode pembelajaran konvensional. Untuk membuktikan apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD Interaktif dengan metode pembelajaran konvensional. Untuk membuktikan apakah ada perbedaan sikap dan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD interaktif dan metode pembelajaran konvensional. Untuk membuktikan manakah yang lebih efektif antara metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD Interaktif dan metode pembelajaran konvensional terhadap sikap dan hasil belajar pada peserta didik kelas VIII semester II MTs NU 1 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011-2012.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II MTs NU 1 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah populasi 201 peserta didik yang terdiri dari 6 kelas. Dari 201 peserta didik yang terdiri dari 6 kelas tersebut diambil sampel secara random cluster (cluster random sampling) sebanyak 102 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok 1 (Kelas VII B) sebagai kelas uji coba sebanyak 34 siswa, kelompok 2 (Kelas X VIII C) sebagai kelompok kelas kontrol sebanyak 34 siswa, dan kelompok 3 (Kelas VIII A) sebagai kelompok kelas eksperimen sebanyak 34 siswa. Untuk mendapatkan sikap dan hasil belajar digunakan instrumen berupa kuesioner dan tes prestasi, bentuk tes yang digunakan adalah kuesioner dan pilihan ganda. Dengan uji yang digunakan adalah uji multivariat satu arah dimana memenuhi prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada perbedaan sikap belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD interaktif dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Ada perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD interaktif dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sikap dan hasil belajar matematika yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD interaktif dan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode pembelajaran berbasis masalah dengan CD interaktif lebih efektif dari metode pembelajaran konvensional terhadap sikap dan hasil belajar peserta didik pada peserta didik kelas VIII semester II MTs NU 1 Wahid Hasyim Kecamatan Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
1708501322 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain