Skripsi
Komparasi Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Sebelum dan Setelah Aplikasi PAIKEM pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tahun Ajaran 2011/2012
Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Aplikasi PAIKEM.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS setelah menggunakan aplikasi model pembelajaran PAIKEM. Sampel penelitian ini dipilih berdasarkan prosedur purfosive sampling, yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan rumus t-test maka ditemukan bahwa : 1). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS sesudah diajar menggunakan model aplikasi PAIKEM pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012. 2). Melihat nilai rata-rata hasil evaluasi sebelum dan sesudah diadakan aplikasi PAIKEM terlihat bahwa nilai rata-rata sesudah diadakan perlakuan lebih tinggi, ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PAIKEM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian tujuan belajar mengajar.3). Aplikasi PAIKEM lebih efektif jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam memperbaiki hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Adiwerna Tahun Pelajaran 2011/2012.
Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan perolehan t_hitung = 20,38 > t_tabel = 2,08 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS sesudah aplikasi PAIKEM pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Tahun Ajaran 2011/2012. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil pendeskripsian dimana pada saat pre-test (sebelum penggunaan model aplikasi PAIKEM) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPS sebesar 57. Sedangkan setelah penggunaan model aplikasi PAIKEM diperoleh nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar 70.
Dari hasil pendeskripsian tersebut maka dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui penggunaan aplikasi model pembelajaran PAIKEM.
1308500478 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain