Skripsi
Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci : Prestasi belajar kewirausahaan dan Minat berwirausaha
Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah Apakah prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Apakah prestasi belajar kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012”.
Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 220 peserta didik, maka untuk pengambilan sampel sejumlah 44 peserta didik. Adapun teknik sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling dengan alasan agar tiap-tiap sub populasi terwakili dalam penelitian ini. Variabel penelitian adalah prestasi belajar kewirausahaan (variabel bebas) dan minat berwirausaha peserta didik (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, interview dan dokumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan sperman brown. Teknik analisis data menggunakan product moment.
Dari hasil analisis diperoleh nilai b dan a, maka nilai persamaan regresi linear menghasilkan Y = 0,712 + 20,783 (x) sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima bahwa terdapat Pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada Peserta didik Kelas XI di SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Talang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini adalah terdapat Pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada Peserta didik Kelas XI di SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Talang Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran bagi peserta didik dapat Peserta didik diharapkan mampu menyeimbangkan antara apa yang terbaik buat peserta didik dalam belajar di sekolah sehingga memudahkan dalam membentuk minat berwirausaha yang tinggi, disiplin dalam belajar baik di sekolah maupun di masyarakat sehingga peserta didik dapat dan mematuhi peraturan belajar yang berlaku sehingga minat berwirausaha dapat terbentuk dengan baik.
1310500146 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain