Skripsi
EFEKTIVITAS METODE RESITASI DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEBIASAAN BELAJAR
Kata Kunci : Efektivitas, Metode Resitasi, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metode resitasi dengan menggunakan lembar kerja peserta didik, dengan kelas yang pembelajaraanya menggunakan metode ekspositori ditinjau dari kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII semester II SMP N 1 Talang tahun pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Garis Singgung Lingkaran.
Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP N 1 Talang tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 155 peserta didik yang diperoleh dari kelas VIII D dan VIII F sebagai kelas eksperimen (dengan metode resitasi), kelas VIII B dan VIII I sebagai kelas kontrol (dengan metode ekspositori). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kebiasaan belajar dan tes evaluasi belajar. Teknik analisis data untuk penelitian ini menggunakan uji anava dua arah, serta uji penentu menggunakan uji benferoni.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode resitasi menggunakan lembar kerja peserta didik yang ditinjau dari kebiasaan belajar efektif pada pembelajaran matematika peserta didik kelas VIII semester II SMP N 1 Talang tahun pelajaran 2011/2012 pada materi pokok Garis Singgung Lingkaran. Sebagai saran, dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan prestasi belajar matematika, metode resitasi dapat dijadikan satu rujukan untuk ke arah yang lebih baik.
1708501368 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain