Skripsi
Pengaruh Self-efficacy dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Tegal Tahun Pelajaran 2011/2012)
Kata Kunci : Self-efficacy, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana dan seberapa besar pengaruh self-efficacy dan kebiasaaan belajar terhadap prestasi belajar matematika baik secara simultan maupun parsial. Self-efficacy adalah anggapan seseorang akan kemampuan yang dimilikinya dalam melaksanakan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai performansi tertentu. Sedangkan kebiasaan belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kebiasaan yang ditunjukkan peserta didik selama melakukan kegiatan belajar di sekolah. Sementara prestasi belajar matematika yang dimaksud adalah nilai UAS pelajaran matematika peserta didik di semester genap.
Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Tegal dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis ex-postfacto. Sampel sebanyak 162 responden dari 283 anggota populasi dipilih secara acak menggunakan teknik proporsional random sampling, teknik ini mensyaratkan pengambilan sampel dari setiap sub populasi sebanding dengan jumlah sub populasi tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear ganda dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika baik secara simultan maupun parsial. Sedangkan besarnya pengaruh self-efficacy dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika secara simultan 13,4% dan secara parsial berturut-turut 11,6% dan 10,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa jika peserta didik memiliki self-efficacy tinggi dan kebiasaan belajar yang baik maka prestasi belajar matematikanya tinggi.
1708501327 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain